REPRESENTASI OBYEK 3D MENGGUNAKAN OPEN GL

 REPRESENTASI OBYEK 3D           MENGGUNAKAN OPEN GL

MATKUL KOMPUTER GRAFIS

DOSEN PENGAMPU Dr.Hendra Jaya, M.T 

 Imam Utomo

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

        pemodelan 3D adalah proses mengembangkan representasi berbasis koordinat matematis dari setiap permukaan objek (mati atau hidup) dalam tiga dimensi melalui perangkat lunak khusus . Produk tersebut dinamakan model 3D . Seseorang yang bekerja dengan model 3D dapat disebut sebagai seniman 3D atau pemodel 3D . Sebuah Model 3D juga dapat ditampilkan sebagai gambar dua dimensi melalui proses yang disebut 3D rendering atau digunakan dalam simulasi komputer fenomena fisik. Model 3D dapat dibuat secara fisik menggunakanPerangkat pencetakan 3D itu membentuk model lapisan 2D dengan bahan tiga dimensi, satu lapis dalam satu waktuSaat ini model 3D banyak digunakan dalam berbagai bidang. Industri medis menggunakan model rinci organ. Industri film menggunakan mereka sebagai karakter dan objek untuk animasi dan kehidupan nyata film. Di industri video game menggunakannya sebagai aset untuk video game. Sektor ilmu menggunakannya sebagai model sangat rinci senyawa kimia. Industri arsitektur menggunakannya untuk menunjukkan bangunan yang diusulkan dan lanskap melalui Software Model Arsitektur. Komunitas rekayasa menggunakannya sebagai desain perangkat baru, kendaraan dan struktur serta sejumlah penggunaan lainnya.

Untuk mempresentasikan Objek 3D dapat dilakukan dengan beberapa metode, diantaranya:

  •     Persamaan Geometri

Suatu objek 3D dapat direpresentasikan langsung

dengan menggunakan persamaan geometri dari objek

tersebut.

  • Constructive Solid Geometry (CSG)

CSG adalah suatu cara membentuk object dengan

jalan menggabungkan atau memotong (mengurangi)

dari beberapa object primitif 3D.

Operator-operator yang digunakan untuk

membentuk objek CSG diantaranya adalah:

a. Penggabungan (union).

b. Perpotongan (intersection).

c. Perbedaan (difference).

Perbedaan CSG dengan obyek geometri biasa

terletak pada perbedaan perhitungan waktu

saat cahaya menabrak obyek tersebut.


LINK ARTIKEL :

  • https://en.wikipedia.org/wiki/3D_modeling
  • https://shineesa.wordpress.com/2013/10/20/model-3d-3-dimensi-sebuah-representasi-dari-objek-fisik-3/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/3545/2475

Komentar

Postingan Populer