TEKNIK PEMODELAN OBYEK 3D                     MENGGUNAKAN OPENGL

MATKUL KOMPUTER GRAFIS

DOSEN PENGAMPU Dr.Hendra Jaya, M.T 

 Imam Utomo

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

       OpenGL adalah suatu library grafis standar yang digunakan untuk keperluan pemrograman grafis. Selain OpenGL, library grafis yang banyak digunakan adalah DirectX. OpenGL bersifat Open-Source. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSDdll. Grafika komputer 3D (Inggris: 3D Computer graphics) adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Hasil ini kadang kala ditampilkan secara waktu nyata (real time) untuk keperluan simulasi. 

       Grafika komputer 3D sering disebut sebagai model 3D. Namun, model 3D ini lebih menekankan pada representasi matematis untuk objek 3 dimensi. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering.

Riset-riset mengenai cara  mempermudah memvisualisasikan  ide  atau  data  secara  lebih  cepat  dan akurat    telah    banyak    dilakukan,    khususnya teknologi visualisasi      tiga      dimensi      (3D)      telah      mengalami perkembangan    yang    sangat    pesat,    misalnya    dengan diciptakan  teknologi motion  capture,  menggerakan  obyek3D  menjadi  lebih  mudah, facial  capture membuat  animasi ekspresi wajah menjadi lebih mudah dan akurat, scanner3D membuat   proses   pemodelan   objek   tiga   dimensi   (3D) menjadi lebih cepat dan akurat, software-softwareauthoring tiga  dimensi  yang  lengkap  dengan  objek-objek  3D  siap pakai  (pre-made)  serta  sistem template3D  mempercepat desain suatu model objek tiga dimensi.Namun pada umumnya software-softwareauthoring tiga dimensi  tersebut  tidak  mendukung  representasi  visual  tiga dimensi (3D) dari data eksternal secara real time, melainkan harus  melalui  proses rendering untuk  menjadi  sebuah  file video yang baru bisa diputar ketika proses rendering selesai. Ketika   perubahan   parameter   objek   dilakukan   terhadap sebuah visualisasi 3D, maka perlu proses render yang cukup memakan waktu sebelum hasil akhirnya bisa dilihat.


LINK ARTIKEL :

  • http://kuliahjempol.blogspot.com/2017/12/model-3d-dengan-opengl.html
  • https://docplayer.info/30127283-Pembuatan-simulasi-pergerakan-objek-3d-tiga-dimensi-menggunakan-opengl.html
  • https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:xEwfLjByx3sJ:https://ketikanawam.wordpress.com/2011/12/25/menggambar-objek-rumah-3d-menggunakan-opengl/+&cd=7&hl=id&ct=clnk&gl=id

Komentar

Postingan Populer