TEKNIK REPRESENTASI PERMUKAAN MENGGUNAKAN OPEN GL
MATKUL KOMPUTER GRAFIS
DOSEN PENGAMPU Dr.Hendra Jaya, M.T
Imam Utomo
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Grafika komputer 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Hasil ini kadang kala ditampilkan secara waktu nyata (real time) untuk keperluan simulasi. Secara umum prinsip yang dipakai adalah mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal: penggunaan algoritma, grafika vektor, model frame kawat (wire frame model), dan grafika rasternya. Grafika komputer 3D sering disebut sebagai model 3D. Namun, model 3D ini lebih menekankan pada representasi matematis untuk objek 3 dimensi. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering (Hendratman, 2008).batasan representasi dari objek 3D dapat di bentuk dari berbagai kombinasi bidang datar dan bidang kurva. Representasi Objek 3D Untuk mempresentasikan Objek 3D dapat dilakukan dengan beberapa metode, diantaranya:
Persamaan Geometri Suatu objek 3D dapat direpresentasikan langsung dengan menggunakan persamaan geometri dari objek tersebut.
- Constructive Solid Geometry (CSG) CSG adalah suatu cara membentuk object dengan jalan menggabungkan atau memotong (mengurangi) dari beberapa object primitif 3D
Penggabungan (union)
Perpotongan (intersection)
Perbedaan (difference)
LINK ARTIKEL :
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/3545/2475
Komentar
Posting Komentar