TEKNIK REPRESENTASI PERMUKAAN                    MENGGUNAKAN OPEN GL             

MATKUL KOMPUTER GRAFIS

DOSEN PENGAMPU Dr.Hendra Jaya, M.T 

 Imam Utomo

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

    Grafika komputer 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Hasil ini kadang kala ditampilkan secara waktu nyata (real time) untuk keperluan simulasi. Secara umum prinsip yang dipakai adalah mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal: penggunaan algoritma, grafika vektor, model frame kawat (wire frame model), dan grafika rasternya. Grafika komputer 3D sering disebut sebagai model 3D. Namun, model 3D ini lebih menekankan pada representasi matematis untuk objek 3 dimensi. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering (Hendratman, 2008).batasan representasi dari objek 3D dapat di bentuk dari berbagai kombinasi bidang datar dan bidang kurva. Representasi Objek 3D Untuk mempresentasikan Objek 3D dapat dilakukan dengan beberapa metode, diantaranya:    

  •       Persamaan Geometri Suatu objek 3D dapat direpresentasikan langsung dengan menggunakan persamaan geometri dari objek tersebut.

  •       Constructive Solid Geometry (CSG) CSG adalah suatu cara membentuk object dengan jalan menggabungkan atau memotong (mengurangi) dari beberapa object primitif 3D   
 Operator-operator yang digunakan untuk membentuk objek CSG diantaranya adalah:
  • Penggabungan (union)

  • Perpotongan (intersection)

  • Perbedaan (difference)

                                                                                                                                                                  Perbedaan CSG dengan obyek  biasa terletak pada perbedaan perhitungan waktu saat cahaya menabrak obyek tersebut. Sweep representation adalah model 3D yang titik titik geometrinya di hasilkan oleh perputaran titik-titik dari kurvaspline atau lainnya terhadap sumbu putar tertentu.Perputaran ini tidak harus360°.Bisa juga kurang dari 360°sehingga obyek yang terbentuk berupa penampang lintang dari obyek hasil perputaran 360


LINK ARTIKEL :

Komentar

Postingan Populer