ALGORITMA CLIPPING
ALGORITMA CLIPPING
MATKUL KOMPUTER GRAFIS
DOSEN PENGAMPU Dr.Hendra Jaya, M.T
Imam Utomo
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Menentukan potongan garis yang perlu atau tidak perlu digambar di daerah jendela dikenal dengan istilah clipping. Salah satu algoritma clipping diusulkan oleh Danny Cohen and Ivan Sutherland pada tahun 1967 yaitu algoritma Cohen-Sutherland. Algoritma ini digunakan untuk menentukan apakah terdapat potongan garis yang digambar di dalam jendela dan sebaliknya akan menghilangkan potongan garis yang berada di luar jendela. Penggambaran obyek di jendela dapat menggunakan pendekatan dimensi dua atau dimensi tiga.Analisa dilakukan terhadap proses pemotongan garis (clipping) pada ruang dimensi tiga menggunakan algoritma Cohen-Sutherland. Disediakan contoh enam buah garis dengan letak titik ujung bervariasi seperti pada kode pembagian area Cohen-Sutherland. Ruang dimensi tiga, ruas garis, dan hasil pemotongan garis dalam ruang dimensi tiga digambarkan menggunakan perangkat lunak Processing. Pada pendekatan dimensi tiga, untuk pengujian pada titik awal dan titik akhir garis maka algoritma Cohen-Sutherland membagi sebanyak 27 macam wilayah. Masing-masing wilayah diberi kode yang unik Dalam kehidupan sehari-hari saat kita ingin
menggambar sesuatu pada sebuah bidang, tentunya kita tidak akan bisa menggambar
melebihi bidang tersebut. Dengan kata lain suatu bidang gambar pasti memiliki
batas wilayah maksisum. Seperti halnya komputer, untuk melakukan proses
penggambaran suatu objek di monitor, komputer tidak akan bisa menampilkan
gambar melebihi batas maksisum yang telah ditentukan. Untuk dapat melakukan hal
tersebut, maka digunakanlah proses clipping.
Clipping berasal dari kata clip, yang
secara umum memiliki arti memotong. Dalam ilmu grafika komputer, clipping
merupakan proses pemotongan objek sehingga hanya bagian objek yang berada di
dalam area tampil(viewport) yang dapat dilihat oleh user, sedangkan bagian
objek yang berada di luar area tampil akan disembunyikan. Hal tersebut
dilakukan agar proses perhitungan koordinat pixel pada layar tidak terlalu
rumit. Tetapi sebelum melakukan proses clipping terlebih dahulu harus
ditentukan bentuk dan ukuran clipping window, yaitu area dimana suatu objek
dapat diproses dan ditampilkan. Clipping window dapat berupa segi empat, segi
tiga, lingkaran, elips, poligon, dan lain-lain.
LINK ARTIKEL :
Komentar
Posting Komentar